Pilih Capres Ini Bila Ingin Aceh Merdeka



"Lalu, kapan sebenarnya Aceh bisa merdeka? Siapa yang bisa memerdekakan Aceh? Aceh akan segera merdeka, minimal dari segi ekonomi (pembangunan). Syaratnya,  pilihlah calon presiden yang melihat Aceh sebagai bagian nusantara yang wajib dimajukan dari berbagai segi,"


Akhir-akhir ini orang Aceh terlibat “perang” besar antar sesamanya. Hal ini diakibatkan oleh perseteruan politik dua kubu capres yakni Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Khusus untuk Prabowo dan JK, orang Aceh punya catatan khusus tentang mereka.

Tak usahlah saya bahas tentang plus minus tentang semua kandidat. Sebab sebagai manusia biasa, mereka tentu punya salah yang banyak. Demikian juga sebagai pemain politik, mereka dan motornya masing-masing punya banyak salah juga. Dalam konteks ini, tentu pilihannya adalah yang baik diantara yang terburuk. Selain itu, tentu saja kita semua sudah punya catatan masing-masing tentang mereka.

Pembaca jambo yang budiman, bagi saya presiden Indonesia kedepan haruslah mereka yang punya integritas, jujur, menghormati HAM, sederhana serta tidak temperamen. Selain itu tentunya sudah pernah menunjukkan kinerjanya yang baik. Tentu kriteria yang saya ajukan akan berseberangan dengan mereka yang suka capres yang temperamen, bicara berapi-rapi namun kosong aksi, tidak menghormati HAM dll. Pokoknya yang berseberangan dengan ideal menurut saya.

Namun sebagai orang Aceh, saya tentu punya syarat lain bagi capres yang akan saya pilih kelak. Saya ingin calon presiden itu yang tidak berlumur darahnya dengan manusia Aceh. Itu menjadi garansi. Selain itu, mereka yang peduli terhadap Aceh dimasa perang –pencetus perdamaian- akan menjadi nilai tambah bagi saya untuk memilih dia sebagai pemimpin dimasa depan.

Oke, sesuai dengan judul diatas, saya ingin mengatakan kepada pembaca sekalian, bahwa banyak yang selalu menjual tentang kemerdekaan Aceh segera maujud, bila sebuah warna politik mampu dominan di Aceh.

Sama seperti anda, saya memilih untuk tidak percaya tentang “mimpi” itu. Sebagai manusia Aceh yang sempat mengecap pendidikan, saya tentu bisa menganalisis sesuatu dengan sudut padang ilmu pengetahuan.

Lalu, kapan sebenarnya Aceh bisa merdeka? Siapa yang bisa memerdekakan Aceh? Aceh akan segera merdeka, minimal dari segi ekonomi (pembangunan). Syaratnya,  pilihlah calon presiden yang melihat Aceh sebagai bagian nusantara yang wajib dimajukan dari berbagai segi.

Hanya mereka yang mencintai Aceh secara tuluslah yang akan mampu memberikan kemerdekaan bagi rakyat Aceh agar mampu keluar dari jerat kemiskinan dan kebodohan—bukan mereka yang melihat Aceh dari sudut pandang bisnis pribadi--.

Kiranya, dari apa yang saya utarakan, telah jelas siapa sebenarnya yang mampu memerdekakan Aceh. Mari gunakan hak pilih dan pilihlah mereka yang revolusioner, baik, menghormati kemanusiaan serta terbukti baik dan berjasa bagi Aceh. Mari memerdekakan pikiran, hati, jiwa dari mitos-mitos yang tidak jelas.[]


Banda Aceh, 26 Mei 2014. Ruang sempit demokrasi.





No comments for "Pilih Capres Ini Bila Ingin Aceh Merdeka"