Haram! Stop Konsumsi Donat Ini







Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard. Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving[1] pada tahun 1809.

Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut. Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.

Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang "National Donut Week" yang meliput World's Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939, ejaan "donut" muncul 2 kali. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Donat)

Dulu, semasa saya kecil, sempat timbul perdebatan tentang boleh atau tidaknya seorang muslim mengonsumsi donat. Debat itu sempat memanas dibawah perdu bambu dimana kami sering berkumpul untuk mengatur strategi perang-perangan se usai menonton film perang di televisi hitam putih milik seorang mantri ilegal yang membuka praktik tanpa izin.

Maklum saja, saat itu kami hanya melihat donat dalam iklan televisi edisi jadul itu. Bahkan tidak seorangpun diantaraka kami yang pernah melihat langsung bentuk nyata dari kue yang dalam minda kami dimakan oleh orang-orang cerdas dari negeri atas angin.

Namun, semenjak dewasa saya baru benar-benar memahami bahwa donat itu memang haram. Seorang muslim dilarang mengosumsi donat. Lha! Kok bisa? Banyak ayat dan hadist yang telah menerangkan tentang keharamannya.demikian juga dengan pendapat para fuqaha.

Donut itu haram! Ya, donat yang dibuat dari sumber-sumber haram. Misal dicampur dengan minyak babi. Kemudian tidak memiliki sertifikasi halal (bila barang import dari negeri non Islam).

Selanjutnya donat juga haram dimakan bila dibeli dengan haram. Misal uang hasil korupsi, kolusi, nepotisme,menjilat dengan mengorbankan orang lain, barter fakta kebenaran dll. Akhirnya, mari kita tetap menjaga rezeki kita tetap dari sumber halal agar kita bisa menikmati donat (baca : rezeki) yang halal. []

No comments for "Haram! Stop Konsumsi Donat Ini"