Kasta




Kasta adalah kelas. Seperti anak tangga. Semakin keatas semakin tinggi. Dalam tatanan masyarakat Hindu, kata ini adalah pemeringkat derajat manusia. Dari yang dianggap sampah sampai dengan dipuja setinggi langit karena dianggap sebagai titisan dewa.


Dalam tulisan ini saya mencoba melepaskan diri dari ajaran Hindu terkait dengan kasta. Karena dalam masyarakat non agama tersebut diatas, perilaku demikian –pengkotak-kotakan manusia- dalam berbagai entitas kerap dipraktikkan. Pendidikan yang tinggi, seringkali gagal menjadikan seorang anak manusia menjadi rendah hati.

Tidak selevel. Merasa diri lebih tinggi dan harus dihormati, merupakan salah satu ciri manusia modern yang seringkali saya temui. Walau secara mati-matian mereka mengaku berperilaku santun terhadap setiap manusia, Namun tak jarang perilaku mereka telah dengan sukses membungkam mulut yang selalu bicara sosialis, setara dan seharkat.

Benar memang, dalam berbagai hal, manusia tidaklah setara. Baik dari sisi pengetahuan maupun harta. Ada yang bodoh dan ada yang pintar. Ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang waras serta ada pula yang gila. Namun dalam semua kondisi, tetaplah disebut manusia.

Namun pintar dan bodoh seringkali menjadi jurang. Kaya dan miskin menjadi penghalang. Bahkan bos dan anak buah telah melahirkan berbagai kebijakan yang mendiskreditkan martabat kemanusiaan.

Dalam hidup, sering pula saya menemukan kalimat seperti ini:

“Nanti aja datang lagi ya. Bapak lagi tidur. Beliau tidak ingin diganggu,”

Dalam beberapa kondisi hal demikian memang bisa dimaklumi. Tapi tak jarang perilaku tersebut merupakan bentuk penzaliman terhadap harkat dan martabat manusia lainnya.

Di akhir tulisan ini saya ingin berpesan: sudah terlalu banyak orang yang ditinggalkan setelah tidak lagi punya jabatan (kekayaan, kekuasaan, pengaruh) dikarenakan sikapnya dimasa lampau.

Duduk sama rendah dan duduk sama tinggi tidak akan pernah menghilangkan harga diri. Sebab harga diri dihitung dari akal budi. Mari menjadi manusia yang konsisten antara ucapan dan perilaku. []

No comments for "Kasta"