Gara-Gara Program KB

















 "Kok pakek tanya lagi. Kan ibu dokter yang bilang bahwa untuk mencegah kehamilan, kondom harus dipasang pada kepala burung sampai ekornya," Jawab seorang ibu muda sambil beranjak pergi.



Seorang dokter ditugaskan oleh BKKBN Pusat untuk turun ke sebuah Gampong di Aceh. Tugasnya adalah  mensosialisasikan program KB. Hingga akhirnya sampailah pada penjelasan cara memakai kondom yang benar.

"Jadi cara memakai kondom yang benar adalah, seluruh kepala burung sampai ekornya harus tertutup oleh karet kondom," Kata si dokter sambil mempraktekkan pada sebuah alat peraga yang mirip dengan tumbukan lesung sirih.

Semua warga baik laki-laki maupun perempuan memperhatikannya dengan seksama.

"Memang harus dipasang pada kepala burung sampai ekornya ya bu dokter? Emang ada pengaruhnya untuk menjarangkan kehamilan?," Tanya seorang ibu dengan gaya sedikit bingung.

"Iya bu. Karena penyebab kehamilan itu adalah ketika burung bebas meludah tanpa ditahan oleh karet pengaman," Jelas dokter itu.

Kepada peserta yang hadir si dokter mengatakan bahwa dia akan kembali 8 bulan ke depan untuk melihat hasil dari sosialisasinya itu.

***
Delapan bulan kemudian dia kembali. Betapa kagetnya dia ketika melihat rata-rata peserta pelatihan telah hamil. Bahkan beberapa diantaranya telah hamil tua dan menurut hitungan akan melahirkan dalam beberapa jam kedepan. Dia juga heran sebab kaum bapak-bapak tidak satupun yang nampak hadir.

"Lha kok ibu-ibu pada hamil? Lalu bapak-bapaknya kemana?," Tanya dokter itu.

"Kami pun tak tahu bu. Masing-masing suami kami sudah membuat mati ratusan ekor burung. Tapi kami tetap hamil juga.," Jawab seorang ibu yang nampak sudah hamil besar.

"Akibatnya suami kami masuk penjara semua bu dokter. Pemerintah menangkap mereka karena telah menyiksa binatang," Jawab yang lain.

"Jah, kenapa bisa demikian?," Tanya si dokter kebingungan.

"Kok pakek tanya lagi. Kan ibu dokter yang bilang bahwa untuk mencegah kehamilan, kondom harus dipasang pada kepala burung sampai ekornya," Jawab seorang ibu muda sambil beranjak pergi.

Dokter itu langsung serangan jantung. Dan sejenak kemudian mati. []



No comments for "Gara-Gara Program KB"