Generasi (Aceh) Type Mini Compo






Type mini compo merupakan sebuah alat elektronik yang mewah dimasanya. Tidak semua rumah warga memiliki alat pemutar musik dari kaset pita itu. Biasanya, yang memilikinya hanyalah orang yang punya uang, atau penikmat lagu fanatik dan nekat “menginfaqkan” uangnya untuk memenuhi kesenangan.


Sejatinya seperti type (Tip-Aceh) lainnya, mini compo berfungsi sebagai alat pemutar (menghidupkan, membunyikan) suara yang direkam di dalam sebuah kaset pita. Karena hanya sebagai sebuah media, maka dia akan menyuarakan apapun yang dipasang di dalamnya. Bila yang diputar adalah rekaman dakwah, maka mini compo akan berdakwah. Bila yang diputar lagu maksiat, maka mini compo akan mendakwahkan maksiat.

Lalu, apa hubungannya type mini compo dengan generasi Aceh, khususnya pasca damai? Keterkaitannya terletak pada fungsi. Generasi Aceh (bukan semuanya) di era damai banyak yang berfungsi hanya sebatas type mini compo. Mereka hanya menyuarakan sesuatu yang telah digariskan oleh sang pemilik kaset (orang yang berkepentingan). 

Mereka tak peduli apakah yang digariskan itu sebuah amanah yang mulia ataukah nafsu angkara murka. Mereka takkan ambil pusing. Nilai kebenaran yang mereka anut hanya satu, bahwa tidak boleh ada suara berbeda dari yang mereka yakini “kebenarannya”. 

Orang-orang yang saya tamsilkan sebagai type mini compo ini sangat banyak sekali. Mereka akan nampak perannya secara kentara bila musim pesta politik tiba. Merekalah yang kemudian siap membunuh, siap membakar, siap meneror dan siap pula untuk mati. Bahkan siap pula mencuri.

Seorang teman mengatakan bahwa generasi mini compo itu adalah orang-orang yang gagal memanfaatkan otaknya untuk kebaikan. Mereka seperti kerbau yang di cucuk hidung. Jangan sebut kawanan mini compo itu bodoh. Karena banyak diantara mereka yang berpendidikan tinggi. Akan tetapi karena nafsu angkara, sehingga seringkali dalam bertindak, mereka tidak menggunakan otak dan hati nurani.

Akhirnya, kita pantas berharap dan selalu berdoa kepada Allah semoga dijauhkan dari generasi mini compo yang terkutuk. Maha benar Allah bahwa manusia serakah adalah para perusak yang sesungguhnya. []

No comments for "Generasi (Aceh) Type Mini Compo"